Rakernas PDIP Rumuskan 2-3 Cawapres

Solo (ANTARA News) - Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di Solo, 27-29 Januari 2009, akan menentukan dua sampai tiga nama bakal Calon Wakil Presiden (Cawapres) yang akan diusung dalam Pemilu 2009.


Ketua Panitia Rakernas IV PDIP, Puan Maharani, di Solo, Jateng, Minggu, mengatakan, rapat kerja di Solo ini hanya akan merumuskan kriteria bakal cawapres yang akan disandingkan dengan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Menurut dia, rakernas ini akan mengerucutkan dua sampai tiga nama dari sejumlah nama yang sempat mencuat menjelang Pemilu 2009 ini.

"Semula ada 14 nama yang muncul, kemudian menyusut menjadi 10, lima, dan akhirnya dalam rakernas ini akan dikerucutkan menjadi 2-3 nama," katanya.

Ia mengungkapkan, terdapat lima nama bakal calon yang cukup mencuat menjelang rakernas, masing-masing Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X, mantan Gubernur DKI Jakarta Sutiyoso, Ketua MPR Hidayat Nur Wahid, Mantan Pangkostrad Letjen (Purn) Prabowo Subiyanto, dan mantan Ketua Umum Partai Golkar Akbar Tandjung.

Ia menjamin, rakernas IV ini akan berlangsung dinamis, di mana masing-masing DPD dan DPC dari seluruh Indonesia diberi kesempatan untuk menyampaikan nama calon untuk mendampingi Mengawati.

"Seluruh perwakilan akan diberi kesempatan untuk menyampaikan masukan dalam rakernas," katanya.

Ia kembali menegaskan, Rakernas PDIP di Solo ini tidak akan merekomendasikan satu nama untuk diusung sebagai cawapres.

Nama cawapres pendamping Megawati, kata dia, akan ditetapkan dalam rakornas pada bulan Mei 2009, pascapemilu legislatif.

"Dua sampai tiga nama yang muncul dalam rakernas di Solo ini akan dipilih salah satunya untuk diusung sebagai cawapres," katanya.

Menurut dia, nama yang akan diusung tersebut dipastikan mampu mendukung Megawati untuk memenangi Pemilu Presiden.

Sementara itu, untuk mewujudkan target PDIP dalam mengusung Cawapres, partai ini telah melakukan pendekatan secara personal kepada sejumlah bakal calon yang akan diusung.

Adapun kesiapan rakernas di Solo, lanjut dia, saat ini 33 DPD dan 474 DPC se-Indonesia telah menyatakan kesanggupannya untuk hadir.(*)

0 comments: