Pendamping Mega Akan Ditentukan Tim Kecil

Kompas Online, Rabu, 28 Januari 2009

SOLO, — Hari kedua penyelenggaraan Rakernas IV PDI Perjuangan terus berjalan dinamis. Nama Surya Paloh tiba-tiba menyeruak di antara calon pendamping Megawati Soekarnoputri yang diusulkan perwakilan daerah. Ada nama baru yang kini dianggap oleh para utusan daerah layak mendampingi Megawati Soekarnoputri.

"Yang paling utama disebut di forum, Sri Sultan, Prabowo Subianto, Akbar Tanjung, Hidayat Nurwahid serta Surya Paloh. Pak Surya Paloh, tidak pernah kita duga-duga sebelumnya. Mungkin, karena dekat dengan Pak Taufik. Surya Paloh muncul secara mengejutkan," kata Sekjen DPP PDI Perjuangan Pramono Anung kepada para wartawan, Rabu (28/1).


Pramono menjelaskan, nama Surya Paloh disebut oleh beberapa daerah, antara lain, Provinsi DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Maluku Utara, dan Gorontalo. Nama-nama yang muncul itu kemudian ditabulasikan. Siapa yang akhirnya dipilih, akan direkomendasikan oleh tim kecil yang akan dibentuk.


"Dari nama-nama yang mucul itu, kita membuat tim kecil. Tim kecil ini fungsinya untuk merumuskan nama-nama yang paling banyak dipilih sebelum diserahkan kepada Ibu Mega," jelas Pramono. Tim perumus ini berasal dari luar partai. "Siapa namanya saya tidak etis, yang jelas satu dua orang dari partai," kilah Pramono Anung.


Namun, di tempat terpisah dari sumber di kalangan PDI Perjuangan, tim kecil yang akan dibentuk ini berjumlah 12 orang. Salah satu yang masuk dari tim ini adalah ekonom Faisal Basri.


"Saya dapat informasinya seperti itu. Namun bisa saja berubah, melihat perkembangannya saja nanti," kata sumber itu. Tim kecil atau tim penentu atau tim 12 ini, kemungkinan akan diketuai oleh Ibu Megawati langsung.

Akibat terjadinya tarik menarik internal, kemungkinan di akhir Rakernas tidak akan disebut siapa nama cawapres yang akan dipilih. Nama-nama itu hanya dipertajam kriterianya.

0 comments: